Sir Arthur Conan Doyle

5:25 AM / Posted by Cecilia Clarissa /


Arthur Conan Doyle adalah seorang pengarang cerita fiksi terkenal, Ia lahir di Edinburgh - Skotlandia (22 Mei 1859). Ia berkebangsaam Inggris. Ayahnya bernama Charles Altamont Doyle, dan ibunya née Mary Foley. Orang tuanya menikah pada tahun 1855. Ia di baptis di Katedral St Mary's di Edinburgh dan memperoleh nama baptis 'Arthur Ignatius Conan' dan Doyle sebagai nama keluarganya.

Salah satu cerita karangannya yang paling terkenal adalah Sherlock Holmes. Ia mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh dan mulai membuka praktek di Southsea, Inggris pada tahun 1882.

Sir Arthur Conan Doyle mendapat ilham penamaan Sherlock Holmes dari gabungan 2 tokoh idolanya, Hakim Agung Amerika Oliver Wendell Holmes, dan Atlet Cricket Inggris bernama Sherlock.Sedangkan untuk model penciptaan dan karakteristik Sherlock Holmes, Sir Arthur mendapat ilham dari salah 1 dosennya, dr. Joseph Bell, dosen merangkap ahli forensik. Bakat dan keahlian forensik Dr. Bell sangat membuat kagum Sir Arthur mengingat forensik merupakan ilmu baru pada masa itu.

Ia meninggal pada tanggal 7 July 1930 karena serangan jantung di usianya yang ke 71 tahun. Kata2 terakhirnya ditunjukkan untuk istrinya, "You are wonderfull".

Sir Arthur Conan Doyle membuat novel-novel misteri. Novel-novelnya masih diterbitkan sampai sekarang. Usaha jerih payah Sir Arthur Conan Doyle masih ada sampai jaman sekarang.

0 comments:

Post a Comment