Karya-karya Charles Dickens

7:44 PM / Posted by Cecilia Clarissa /

Novelis asal Inggris kelahiran 7 Februari 1812 ini mengawali karir menulisnya dengan bekerja sebagai jurnalis. Beberapa tulisannya sukses di muat di berbagai surat kabar. Sampai akhirnya dia diangkat menjadi editor, dan mulai menjajal karir sebagai seorang novelis.

Sepanjang hidupnya, Dickens udah berhasil menerbitkan lusinan novel. Baik yang bercerita tentang natal, ataupun tentang sosial. Dan kebanyakan dari novelnya adalah kisah fiksi. Meskipun di masa awal, novelnya diterbitkan secara berkala, di tabloid tempatnya bekerja, toh lama-lama Dickens yakin untuk melepas novelnya secara sendiri.

Judul-judul kayak The Pickwick Papers, The Adventure of Oliver Twist, The Old Curiousity Shop, Barnaby Rudge, David Copperfield, dan Dombey and Son, adalah beberapa judul novelnya yang dianggap abadi.

Dua novel yang terkenal yaitu The Adventure of Oliver Twist dan A Christmas Carol

Oliver Twist adalah salah satu karya besar Charles Dickens. Ditulis sebagai bentuk keprihatinan Dickens terhadap nasib anak-anak di Inggris pada masa itu yang terpaksa harus turun ke jalan karena kemiskinan. Kini, sebagian besar anak-anak di berbagai belahan dunia ketiga terancam mengalami hal serupa, tak terkecuali Indonesia. Tokoh-tokoh dalam novel ini sangat mudah ditemui dalam keseharian kita: pribadi-pribadi yang munafik, rakus, kejam dan gila harta, meskipun ada juga sebagian orang yang masih tetap bersedia mendengarkan nuraninya. Novel ini sungguh layak dibaca karena mengusik hakikat kemanusiaan dalam diri kita.

Novel A Christmas Carol diterbitkan di tahun 1843. Awalnya judulnya adalah A Christmas Carol in Prose, Being a Ghost Story of Christmas. Entah kenapa akhirnya judulnya disederhanakan. Yang pasti, novel ini aja udah memberi impact yang luar biasa di dunia seni.

Puluhan adaptasi udah dibuat berdasarkan pada novel A Christmas Carol. Mulai dari deretan pertunjukan teater, film, opera, acara radio, sampai tv show. Seakan nggak ada habisnya, semua orang berlomba-lomba untuk mewujudkan dunia A Christmas Carol yang paling bagus.

Charles Dickens tidak pernah pantang menyerah dalam membuat novel-novel karyanya dan banyak memberi pesan kehidupan untuk dipelajari kita semua.

0 comments:

Post a Comment